Diberdayakan oleh Blogger.

Rumah Online, Buat Blog Tampilan Indah




Blog menurut saya adalah website sederhana yang di dalamnya terdapat berbagai macam elemen, diantaranya latest post, favicon, entry popular, widget, kode html, dan lainnya, yang disediakan suatu situs penyedia blog sebagai tempat membuat blog, sebagai contoh blogger, wordpress, blogdetik, weebly, tumblr, dan lainnya.
Apakah Blog berbeda dengan Website ?

Secara arti di Wikipedia, keduanya berbeda. Website dipakai secara formal dan tampilannya formal. Sedang blog cenderung apa yang terbaru di tampilkan di depan. Blog sebagai sarana menulis dan bisa secara informal dalam arti santai santai. Sedang Website haruslah formal, karena mencerminkan harga diri di dunia nyata juga, maka online harus juga wajib formal. 

Apa gunanya Blog ?

Menurut saya, blog berguna :
1.     Sarana berbagi ulasan, pendapat, maupun ide yang bisa jadi bermanfaat untuk banyak orang.
2.     Tidak dikenakan beaya
3.     Hemat waktu. Karena bila secara dunia nyata, Anda menyuruh membaca tulisan Anda ke banyak orang, maka Anda perlu waktu dan tenaga.
4.     Memang wadah untuk tulisan panjang lebar.
5.     Sebagai kontribusi keaktifan diri kita di dunia maya, walaupun tidak banyak, tetap saja ada kontribusi.

Cara Membuat Blog Tampilan Indah

1.     Masuk ke blogger.com. kali saya bahas blogger, karena platform paling mudah dan disukai banyak orang. Untuk lainnya, bisa menyusul.
2.     Setelah masuk blogger.com, tulis email ( gmail ) dan password Anda. Secara otomatis jikalau Anda sudah punya akun email gmail, maka sudah bisa daftar karena semua itu milik google. Kalau belum punya email gmail, maka buat dulu ya.
3.     Lalu klik buat blog. Tulis nama url blog Anda dan nama blog, lalu pilih template sembarang. Maka blog Anda sudah jadi tapi tampilan masih sederhana. Template bawaan dari google masih sederhana. Maka jikalau Anda ingin mengubah ke template professional, maka Anda harus punya template hasil download. Caranya ?
4.     Cari template professional sesuai selera Anda. Bisa Anda dapatkan secara gratis di website tertentu seperti Yang Terkenal di bawah ini

Klik Sini
Klik Sini
Klik Sini

  Atau bisa Anda dapatkan dengan cara bayar karena mungkin template sudah super professional.
5.     Setelah Anda berhasil mendownload, ekstak file yang berupa rar atau zip itu ke txl karena file txl yang bisa dipakai untuk mengubah template.
6.     Setelah itu masuk blogger.com, pilih template, pilih cadangkan template, lalu upload file txl template download tadi ke situ. Maka dalam waktu beberapa menit saja, template idaman Anda sudah tampil di blog Anda.

Cara Renovasi Template Download

1.     Kebanyakan orang tidak mengindahkan halaman halaman yang ada di template download. Akibatnya, jikalau pengunjung meng klik halaman tersebut, maka tidak bisa. Hal itu kurang dipandang indah. Karena apa guna halaman halaman itu, kalau tidak bisa diklik.

Caranya Supaya Halaman Halaman Itu Bisa Diklik:

Buat halaman di menu laman dashboard Anda. Misal Anda ingin buat halaman video. Kasih judul sebut saja “ video “ lalu masuk ke you tube untuk mengambil video yang Anda inginkan. Kemudian klik kanan, lalu pilih embed code. Maka video you tube sudah Anda copy. Masuk kembali ke menu laman, klik html ( bukan compose ) pastekan video itu ke situ. Ubah ukuran sesuai keinginan Anda, seperti 300 x 250. Kemudin pusblish

Apakah akan tampil di blog ?

Belum, hal itu disebabkan template Anda sudah berubah. Tapi tenang. Caranya, Anda lihat halaman Anda yang video tadi, kemudian copy url video tadi.

Kembali menuju dashboard, pilih template, kemudian pilih edit html. Cara kata kata sesuai halaman yang belum direnovasi di template download Anda, misalkan “ drop menu 1 “ maka ubah namanya menjadi kata video. Untuk mempermudah pencarian, silakan klik cltr + f , lalu tulisan kata drop menu 1. Maka akan muncul, ubah katanya menjadi video. Dan pada tanda ( # ) di situ ubah menjadi url video di situ, pastekan di situ sekaligus menghilangkan tanda #. Klik simpan template, dan lihat hasilnya.

Dan seterusnya bila Anda ingin ubah halaman, semua seperti itu. 

2.     Menambahkan Widget

Blog itu ibarat rumah. Maka widget adalah isi rumah tersebut, entah itu perabot, lantai, cat atau lainnya. Maka bila ingin cantik, alangkah bijak untuk meletakkan widget yang memang cantik pula.

Macam macam widget :

a.     Widget yang disediakan Blogger
Nah, ini widget bawaan. Klik menu tambah gadget, lalu pilih sesuka hati Anda widget yang Anda mau. Anda google translate, artikel berlangganan, statistic, video, gallery, sosial media, dan masih banyak lagi.

b.     Widget Dari Luar Blogger
Widget ini tidak disediakan oleh blogger. Biasanya widget ini hasil kreasi anak bangsa yang memang seiring berkembangan zaman terus bertumbuh, seperti widget bendera translate, animasi gerak, tulisan kursor yang berputar, dan masih banyak lagi.
Cara pasangnya, ambil kode html widget tersebut/copy, kemudia masuk tata letak, pilih html java script, lalu pastekan kode itu di situ, simpan, maka dan lihat hasilnya.

3.     Custom Domain dengan Domain TLD 

Plafrom blogger memang memanjakan kita. Tanpa beli hosting, kita bisa mengubah nama domain kita dengan domain TLD. Maksud TLD adalah top level domain, yang mana domain terkenal dan elit di dunia, seperti com, net, org, info, biz dan lainnya.
Artinya, blog kita dengan domain sendiri tapi hostingnya tetap dari blogger. Maka hal itu sangat memanjakan kita.

Caranya : Beli domain pilihan Anda, Anda bisa membeli com, net, org, sesuai selera Anda. Khusus berakhiran id, ada syarat khusus, seperti co.id.
Di antara tempat beli domain terpopuler saat ini adalah

Klik Di Sini 
Klik Di Sini 
Klik Di Sini

4.     Cara Custom Domain Ke Blogspot Dengan Niaga Hoster

Jika Anda sudah membeli domain, tidak serta merta blog Anda akan berubah, Anda perlu usaha sedikit lagi.
Caranya :
Masuk login ke niaga hoster, klik produk dan layanan, ambil name server lalu tulis ke situ. Kemudian masuk blogger.com lalu pilih setelan, klik tambah url ke 3, tuliskan nama domain berbayar Anda.

Maka akan muncul error 12 .. biarkan saja. Yang penting Anda sudah dapat empat baris di antaranya IP blog Anda, Ip google, itu yang penting.

Masuk lagi ke niaga hoster. Masuk DNS, pilih Cname, klik www. Dan ambil kode IP google di blog Anda tadi. Langkah 1 selesai.

Langkah 2 : ambil IP unik Anda. Caranya buat Cname lagi. Klik @ dan isinya adalah IP unik Anda pastekan ke itu.

Langkah ke 3 : Buat 4 record . pilih record lalu 4 kode goggle masukkan secara berurutan.

Masuk dashboard blog Anda, klik simpan template.

Dalam waktu 1 x 24 jam domain blog sudah berubah.
Dan ingat wajib urut :
1.     Ip google
2.     Ip unik Anda
3.     4 record berbeda 

Baca Juga : URL Penghasil Dollar

Semoga Bermanfaat

Nalis

Share this article :
Print PDF
 
Support : Nalis Theme | Nalis Design | Nalis Website
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ichwan Navis - All Rights Reserved
mastemplate
Distributed By Blogger Templates | Design By Creating Website