Diberdayakan oleh Blogger.

Istriku Lumpuh Selamanya



Pada masa itu, seorang pemuda gagah sedang berjalan jalan di area kebun. Saat itu juga perutnya mulai protes. Rasa lapar pun hadir. Dia merasa tidak kuat lagi untuk menahan rasa lapar yang dahsyat. Dia berjalan di sekeliling pohon apel. Kebetulan daerah itu bukan tempat asalnya karena setiap hari dia hobi mencari ilmu dari satu tempat ke tempat lain, sekali pun harus berjalan kaki.

Dia tidak berani mengambil apel apel yang tampak matang. Tapi dia melihat sebuah apel yang cukup matang terjatuh. Dia berpikir bahwa tidak masalah mengambilnya lagi pula Cuma satu. Lebih lagi, kalau dibiarkan apel juga membusuk. Dalam pikirannya, apel itu tidak begitu penting bagi pemiliknya.

Dia pun mengambilnya, lalu memakannya. Tidak sampai separo, tubuhnya bergetar hebat. Rasa bersalah muncul. Dia merasa sangat berdosa. Air matanya meleleh seketika. Dia terus beristighfar. Tapi batinnya semakin kencang rasa bersalah.

“ Tidak mungkin hanya sekedar minta ampun. Masalahnya ini berhubungan dengan orang lain. Maka harus meminta maaf pada pemilik kebun ini.”


Dia pun menunggu di sana sejenak, barangkali pemilik kebun itu mengunjungi kebunnya. Tapi waktu demi waktu tidak kunjung datang pemiliknya. Sehingga seseorang datang menuju dekat kebun itu. Pemuda itu bertanya tentang pemilik kebun apel itu. 

“ Oh rumahnya sangat jauh dan jauh dari sini, Dik. Dia juga sangat sangat jarang di sini. Kalau adik ingin ke sana, sebaiknya jangan deh. Karena sangat jauh. Jalannya memang lurus, tapi jaraknya sangat jauh. Kakimu bisa bengkak. Belum lagi melewati siang dan malam. Pokoknya jangan ke sana dik.”

Mendapat titik temu pemuda itu tersenyum lebar. Walaupun ketidaknyamanan terdengar dari orang itu, setidaknya dia tahu rumah dan pemilik kebun itu. Dia pun sangat sangat berterima kasih atas info dari orang lewat tadi.

Tidak peduli kerasnya jalan dan alam, melewati siang malam, rasa lelah dan letih, dia terus berjalan kaki menuju tempat pemilik kebun itu. Karena baginya, bertemu dan meminta maaf pada pemilik kebun itu menjadi mutlak disbanding kemurkaan Tuhan karena ketidakredhoan hamba dengan hamba lain. 

Dengan susah payah, dia bertemu pemilik kebun itu. Pemilik kebun itu seketika mengiba melihat kondisi pemuda itu yang lusuh, yang seolah tidak merawat fisiknya. Bahkan dia sampai tidak tega melihat pemuda itu terlalu lama. Bukan disebabkan bentuk fisik, melainkan keadaan pemuda itu yang dipenuhi kemalangan.

“ Saya datang ke sini untuk meminta maaf karena saya mengambil yang bukan hak saya padahal Anda pemiliknya.”

Pemilik kebun itu sangat terkejut mendengar ucapan pemuda itu. Dia tersenyum dan erkata tegas,
“ Baik, aku maafkaan. Tapi dengan satu syarat.”
“ Apa itu, Pak ?”
“ Kamu harus menikahi anak gadisku !”

Seketika pemuda itu girang bukan main. Tapi pemilik kebun itu menambahkan,
“ Tapi anak gadisku itu lumpuh. Lumpuh kakinya. Lumpuh tangannya. Lumpuh matanya. Bagaimana apa kamu masih setuju ? Kalau tidak, maka permohonan maafmu kutolak.”

Dengan penuh keyakinan, pemuda itu menerima tawaran pemilik kebun itu. Hari itu juga dia melamar anak gadis pemilik kebun itu. Dia tampak terheran bahwa anak gadisnya bisa berjalan. Di balik itu, dia seolah melihat bidadari turun dari langit. 

Beberapa hari kemudian, dia melaksanakan akad nikah dan acara pernikahan. Dia terus mengamati istrinya. Dan dia tidak melihat cacat pada istrinya. Dia mengira bahwa mertuanya berdusta. Tapi firasatnya tidak mungkin hal itu terjadi.

Malam pertama tiba, mereka berdua masuk ke dalam kamar. Dia pun mengutarakan unek uneknya pada sang istri.

“ Istriku, ayah kita mengatakan padaku bahwa kamu ini lumpuh kaki, tapi aku melihat kamu bisa berjalan. Ayah juga bilang kamu lumpuh tangan, tapi tanganmu juga normal. Ayah bilang kamu lumpuh mata, tapi kamu bisa melihat.”

Istrinya tersenyum, lalu berkata,
“ Ayah memang tidak berbohong, Mas. Aku memang lumpuh kaki. Lumpuh kaki dari berjalan ke tempat tempat yang diharamkan Allah. Aku memang lumpuh tangan. Lumpuh tangan dari gerakan tangan yang diharamkan Allah. Aku memang Lumpuh mata. Lumpuh mata dari apa yang dilihat yang diharamkan Oleh Allah.”

Seketika itu, pemuda itu sujud syukur atas anugerah yang diberikan yang tiada bandingan dengan yang lain.




Nalis
Share this article :
Print PDF
 
Support : Nalis Theme | Nalis Design | Nalis Website
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ichwan Navis - All Rights Reserved
mastemplate
Distributed By Blogger Templates | Design By Creating Website